Cara Tepat Mengatur Uang Pas-Pasan Pasca Liburan

Liburan merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan bagi semua orang. Identik dengan berkumpul bersama orang terdekat, bepergian ke suatu tempat, makan-makan, shoping, dll. Tentunya mengeluarkan uang, yang jumlahnya bisa sedikit atau banyak dan bahkan bisa melebihi budget tergantung dari kendali diri si empunya.

 

Tujuan diadakannya liburan adalah merefreshkan badan dan pikiran dari rutinitas sehari-hari sehingga kembali semangat lagi pasca liburan. Namun sangat disayangkan jika berlibur justru menambah beban pikiranmu dan menambah catatan rincian hutangmu dikarenakan hilang kendali saat menggunakan uang. Akibatnya pasca libur kamu jadi bertambah stres karna untuk menyambung kebutuhan hidup setelah itu keuanganmu tak mencukupi.

 

“Kangen gajian…” “lama banget ya gajian…” “Dear gajian..” Uang pas-pasan dan gajianpun masih lama, so apa solusinya? langkah di bawah ini dapat kamu coba terapkan dikala yang ditunggu-tunggu tak kunjung tiba.

Cara tepat mengatur uang pas-pasan pasca liburan :

1. T : Tekan pengeluaran hingga gajian tiba. Tak ada salahnya kamu menekan pengeluaranmu hingga gajian tiba dengan cara kencangkan ikat pinggang alias berhemat.

2. I : Ingat kebutuhan dibalik keinginan yang besar. Keluarkan budget untuk kebutuhan yang mendesak dalam artian kamu bisa memilah dan mengutamakan kebutuhan dan mengontrol keinginan dengan cara di list dan breakdown. 

3. K : Kurangi aktivitas di luar rumah yang kurang penting. Jika pekerjaanmu bisa dilakukan di dalam rumah kamu tak perlu menghabiskan cost buat keluar rumah. So dikarenakan uangmu pas-pasan tak ada salahnya sementara waktu kamu menolak ajakan teman untuk shopping atau hang out.

4. A : Abaikan godaan yang datang. Godaan terberat saat tak punya uang adalah “berhutang” ke orang terdekat, kartu kredit, dan ditambah lagi saat ini maraknya pinjaman online tanpa agunan. So  kamu harus pintar-pintar untuk mengatakan tidak pada “hutang” karna berhutang bukan malah meringankan bebanmu justru menambah deretan panjang permasalahanmu.

Mudah bukan saat punya uang pas-pasan? Pas ingin A ada, ingin B ada tapi dengan catatan harus mengencangkan ikat pinggang dulu alias berhemat. So tunggu apalagi jangan bingung segera lakukan.

One thought on “Cara Tepat Mengatur Uang Pas-Pasan Pasca Liburan

  1. Oh my goodness! an incredible article dude. Thanks Nonetheless I’m experiencing subject with ur rss . Don抰 know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting equivalent rss problem? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *