Tips Menghadapi Pertanyaan Netizen “Kapan Nikah? Kapan Punya Anak? Kapan Tambah Anak? Hamil terus kerjanya!””

Berbicara masalah hidup dan kehidupan tentunya akan banyak sekali ruang lingkupnya. Mulai dari ranah pribadi, percintaan, hingga keturunan, dan bahkan masih banyak lagi ranah lainnya. Jika dirunut satu per satu tak akan selesai. Terlebih jika ditanyakan dan diperdebatkan tidak akan kelar. Sama halnya seperti pertanyaan “Ayam dulu, atau telur dulu?”

 

Pertanyaan dan perdebatan tentunya suatu hal yang kerap dilakukan orang-orang jika kamu, dia, mereka sebut saja “Netizen” ingin mengetahui tentang diri saya, kamu, dia, mereka, dan kita. Bisa jadi sebuah pertanyaan yang dilontarkan dikarenakan peduli, atau sekedar basa basi, dan bisa juga sebuah sindiran. Tergantung caranya mempertanyakan dan bagaimana tanggapan kita terhadapnya. Dan satu hal yang pasti pada prinsipnya adalah  “Seseorang akan risih jika ditanyakan sesuatu yang belum ia miliki. Kecuali itu adalah pilihan hidupnya.” 

 

Pertanyaan seputar pribadi seseorang yang menyangkut percintaan dan keturunan biasanya bertujuan untuk mengakrabkan diri atau mencairkan suasana bagi seseorang / netizen. Dan itu hanya sekedar basa basi saja. Bahkan ia sendiri tau bahwa belum ada keberadaan tentang hal yang ia tanyakan tersebut. Seperti halnya :

  • Saat seseorang sudah terlihat cukup umur maka akan timbul pertanyaan : “Kapan nikah? Sudah kepala 3 loh! Teman-temannya sudah pada punya anak.”

 

  • Saat seseorang sudah menemukan pasangan hidup namun belum dikarunia momongan : “Kapan punya anak? Kok belum hamil-hamil juga! Harusnya kalian perbanyak honeymoon jangan sibuk kerja!”

 

  • Saat sudah dikarunia 1 orang anak ditanya lagi: ” Kapan tambah anak? Kalau ada adeknya kan jadi ada teman mainnya dia. Banyak anak banyak rejeki loh!”

 

  • Saat sudah punya anak lebih dari 2 dengan jarak 1-2 tahun. Maka dikomentari: “Udah hamil lagi aja! rajin bikin anaknya ya. Kasihan anak-anaknya berebut kasih sayang”

 

Netizen bebas berkomentar. Mulut dia dan dosa dia juga yang akan menanggung. Kita sebagai orang yang ditanya hanya bisa bersabar karena yang tau jawaban dari pertanyaan “kenapa begini dan kenapa tidak begitu!” adalah kita dan Tuhan yang menentukan takdir yang terbaik buat kita.

 

Setiap orang dititipi cinta oleh Tuhan, maka ia pun menjaga cinta itu dan memberikannya kepada seseorang yang pantas untuk dicinta. Dan cinta itupun tumbuh menjadi benih dan berkembang serta merekah bersama.

Namun ada juga yang memilih menyimpan cinta itu rapat-rapat karena ia takut terluka. Dan bahkan ada juga yang memilih tidak menebar benih dikarenakan takut tidak bisa menjaga dan merawatnya dengan baik.

Dan bisa jadi Tuhan punya rencana terbaik terhadap seseorang untuk tidak menitipkan cinta dan benih di waktu yang cepat tapi bisa jadi diwaktu yang tepat. Dan mungkin bisa juga harus bersabar karena sebuah ketiadaan.

Begitulah analogi mengenai percintaan dan keturunan yang merupakan sebuah misteri bagi kita.  Dan pada intinya di manapun posisi kita saat ini kuncinya hanya dua : “Syukur dan sabar.” Dan memantaskan diri hingga pada waktu yang tepat Tuhan hadirkan jodoh dan keturunan.

  • Saat masih sendiri dan belum memiliki pasangan maka belajar bersyukur dan belajar sabar. 
  • Saat sudah memiliki pasangan, namun belum punya anak maka tetap bersyukur dan tetap sabar.
  •  Saat sudah punya anak satu perbanyak bersyukur dan perbanyak sabar.
  • Dan saat punya anak lebih dari 2 panjangkan syukur dan lebarkan sabar. 

 

Sejatinya setiap orang tau yang terbaik bagi dirinya berdasarkan kesiapan dan kesanggupannya. Kapan saat akan memiliki pasangan, mendapatkan keturunan dan berapa banyak anak yang harus ia miliki. Dan tentu semua tidak lepas dari ketentuan sang Maha pemberi diwaktu yang tepat, cepat atau dalam sebuah ketiadaan.

 

Tugas kita sebagai hamba-Nya melakukan ikhtiar terbaik berdasarkan keinginan diri. Namun saat dihadapkan oleh pertanyaan dan komentar netizen mengenai percintaan dan keturunan kita kerap merasa risih dan bahkan sampai emosi.

 

Nah dari pada marah, bersedih dan kecewa dengan sebuah pertanyaan basa basi dari netizen ada baiknya simak tips dari TIKA berikut ini:

 

“Tips Menghadapi Pertanyaan Netizen : “Kapan Nikah? Kapan Punya Anak? Kapan Tambah Anak? Hamil terus kerjanya! “”

 

1. T : Tau kapasitas Diri 

Setiap orang tau kapasitas dirinya berdasarkan kesiapan mental dan waktu yang tepat.

Misalnya soal jodoh:  Meskipun sudah ada yang melamarnya diusia 25 tahun namun saat ia masih mau mengejar karir, atau melanjutkan pendidikan, atau memiliki materi yang cukup banyak. Maka ia akan menolak lamaran itu karena ia berpikir bahwa sebelum memustuskan menikah harus punya karir dan pendidikan yang bagus agar bisa jadi kebanggaan keluarga dan tidak dipandang sebelah mata oleh pasangan.

 

Masalah keturunan atau tambah anak : Saat orang baru memiliki satu anak dan banyak pertanyaan basa basi yang datang mengenai anjuran tambah anak namun ia memilih untuk tidak menambah anak dulu. Karena ia tau kesanggupan dirinya. Bisa jadi karena masih trauma dengan proses kehamilan dan lahiran, belum yakin dengan kesetiaan pasangan, takut tidak bisa membagi kasih sayang dengan baik saat memiliki banyak anak, dan bisa jadi punya komitmen saat nambah anak lagi harus memastikan punya sandang, pangan dan papan yang kokoh terlebih dahulu sehingga tidak menyusahkan orang lain nantinya.

Jika kita tau kapasitas diri kita dan memilih waktu yang tepat maka sehebat apapun mulut netizen bertanya dan berkomentar tidak akan menggoyahkan kita.

 

2. I : Ingat Umur 

Ada kalanya pertanyaan dan komentar yang disampaikan orang-orang itu penting bagi diri kita sebagai pengingat dan menyadarkan diri yang terkadang sudah nyaman dengan kondisi saat ini.

 

Nyaman belum memiliki pasangan meski sudah memasuki kepala 3 karena merasa tidak membutuhkan pendamping hidup karena sudah memiliki karir mapan dan kasih sayang dari orang tua, dan saudara.

 

Merasa bahagia saat sudah memiliki pasangan  yang tulus mencintai kita. Dan kemana-mana bisa memiliki quality time yang baik. Sehingga hari demi hari tidak merasakan kesepian karena belum memiliki momongan.

 

Sudah merasa CUKUP memiliki satu anak (cukup bahagia karena ada anak yang meramaikan suasana rumah, cukup repot karena belum terbiasa dengan perubahan yang ada, dan cukup sabar dengan kerewelan anak setiap harinya serta cukup berasabar dengan sikap pasangan yang cuek tidak ikut membantu mengurusi anak.

 

Nah ketika muncul pertanyaan dan komentar dari netizen berdasarkan logika yang ada barulah tersadarkan :

 

“Seberapa bagus karir dan banyak uangnya seseorang namun akan merasa kosong jiwanya jika tidak memiliki pendamping hidup. Ibarat taman tanpa bunga”

 

“Punya anak lebih dari satu itu perlu agar kita tidak merasa kesepian saat anak sudah pergi, mumpung masih muda kalau sudah berumur susah buat nambah anak lagi”

Berdasarkan pertanyaan dan komentar dari netizen tersebut yang mengena di hati maka kita pun buru-buru mewujudkannya.

 

3. K : Kendalikan Diri

“Seseorang akan risih jika ditanyakan sesuatu yang belum ia miliki. Kecuali itu adalah pilihan hidupnya.”

Siapa sih yang nyaman ditanya-tanya mengenai percintaan dan keturunan yang jelas-jelas kita belum memilikinya. Dan saat pertanyaan itu hadir merasa tersinggung pastinya meskipun kadang ada yang memilih tidak menikah, memilih menikah tanpa punya anak, dan memilih hanya memiliki satu anak saja cukup.

 

Disinilah perlunya kita mengendalikan diri dari pertanyaan dan komentar netizen yang suka julid dan menyayat hati dengan cara perkuat alasan karena kita memiliki pilihan terbaik.

 

4. A : Abaikan

Tidak semua harus kita masukan ke dalam hati karena kita juga punya keterbatasan. Maka jika merasa risih dengan pertanyaan dan komentar netizen yang bertubi-tubi cukup abaikan saja dengan cara menghindari hal-hal yang akan menimbulkan pertanyaan yang berkaitan dengan jodih atau keturunan, dan jauhi orang-orang yang suka mengurusi kehidupan kita.

 

21 thoughts on “Tips Menghadapi Pertanyaan Netizen “Kapan Nikah? Kapan Punya Anak? Kapan Tambah Anak? Hamil terus kerjanya!””

  1. I actually wanted to write a simple message to express gratitude to you for all of the unique solutions you are showing on this website. My prolonged internet look up has finally been compensated with professional details to go over with my great friends. I ‘d state that that many of us site visitors are truly lucky to exist in a very good site with many awesome individuals with good ideas. I feel really privileged to have seen your entire site and look forward to many more pleasurable minutes reading here. Thanks a lot again for a lot of things.

  2. I wanted to make a remark to thank you for the nice tactics you are showing at this site. My prolonged internet lookup has finally been honored with wonderful content to exchange with my relatives. I ‘d declare that we visitors are unquestionably endowed to dwell in a decent community with very many brilliant individuals with insightful basics. I feel truly lucky to have discovered your website page and look forward to some more thrilling moments reading here. Thanks a lot again for all the details.

  3. I needed to compose you the very little remark in order to thank you so much once again regarding the gorgeous strategies you’ve discussed in this article. This has been so remarkably open-handed of you to present unreservedly what exactly a few people would’ve distributed for an e-book in making some money for their own end, and in particular since you could have tried it in case you considered necessary. Those points additionally served to be the easy way to recognize that other individuals have the identical passion similar to my very own to grasp good deal more with respect to this condition. I think there are thousands of more pleasant situations up front for those who take a look at your site.

  4. Thank you for your entire efforts on this site. Debby delights in getting into investigation and it is easy to see why. Most of us know all concerning the powerful means you give simple suggestions via this web site and therefore cause response from other individuals about this situation while our favorite simple princess is always learning so much. Take pleasure in the rest of the new year. You are always doing a fabulous job.

  5. I am just writing to let you be aware of what a useful discovery my cousin’s princess experienced using your web page. She learned a good number of things, which included what it’s like to have a great teaching mindset to let other individuals just have an understanding of various tortuous topics. You undoubtedly did more than her expectations. I appreciate you for displaying such warm and helpful, healthy, educational and unique tips about that topic to Janet.

  6. I am just writing to make you be aware of of the fabulous discovery my princess went through browsing yuor web blog. She realized some issues, not to mention how it is like to possess an incredible giving mood to have the others just master a number of multifaceted subject areas. You actually exceeded her expectations. I appreciate you for distributing these precious, safe, explanatory and even cool thoughts on your topic to Julie.

  7. Needed to write you one very little note just to thank you so much over again for these nice concepts you’ve contributed above. This is simply remarkably generous of people like you giving unreservedly all a few individuals could possibly have advertised for an e book to get some profit for their own end, certainly given that you might well have done it if you decided. The secrets likewise worked to become good way to understand that other people have the identical dreams just as my personal own to know the truth way more in regard to this condition. I am sure there are thousands of more pleasant opportunities up front for those who read through your website.

  8. Thank you for your own effort on this website. Ellie loves carrying out investigation and it’s easy to understand why. Most of us learn all about the lively way you present worthwhile guides on your web blog and therefore recommend response from other people about this situation and my girl is always studying a whole lot. Take pleasure in the remaining portion of the new year. You’re the one conducting a fabulous job.

  9. I definitely wanted to construct a brief comment in order to thank you for some of the remarkable facts you are placing at this website. My extensive internet research has at the end been paid with sensible points to share with my company. I ‘d say that we site visitors are extremely lucky to exist in a fine community with very many outstanding professionals with useful basics. I feel really lucky to have discovered your entire website page and look forward to so many more entertaining minutes reading here. Thanks a lot once more for a lot of things.

  10. I happen to be commenting to let you understand what a extraordinary experience my cousin’s girl encountered checking your web page. She realized lots of details, most notably what it is like to possess an awesome helping mood to let the others with no trouble fully grasp certain multifaceted subject matter. You actually exceeded her desires. Thank you for rendering such essential, trusted, educational and fun thoughts on that topic to Lizeth.

  11. I not to mention my buddies came following the excellent tricks from your website and all of the sudden developed an awful feeling I never thanked the website owner for those secrets. The young boys had been for that reason excited to see them and now have very much been tapping into them. Thank you for getting indeed thoughtful and then for figuring out variety of marvelous guides millions of individuals are really needing to learn about. My very own sincere apologies for not expressing gratitude to you sooner.

  12. I want to express my passion for your kindness in support of men and women who absolutely need help on this one concern. Your special dedication to passing the solution throughout came to be astonishingly helpful and have consistently helped ladies just like me to arrive at their objectives. Your new important advice implies a lot to me and especially to my fellow workers. Many thanks; from everyone of us.

  13. Thank you for every one of your labor on this website. Kate enjoys working on investigation and it is simple to grasp why. All of us know all of the lively mode you give efficient information by means of the website and boost response from other ones on the point and our princess has been starting to learn a great deal. Take pleasure in the rest of the year. You are always conducting a useful job.

  14. Thank you so much for giving everyone an extremely special opportunity to read articles and blog posts from this blog. It is always very fantastic and stuffed with fun for me personally and my office mates to search your web site minimum 3 times in one week to read through the new guidance you have got. And definitely, I’m so usually happy considering the sensational pointers served by you. Selected 2 tips in this article are undoubtedly the very best I’ve ever had.

  15. I simply desired to say thanks once more. I’m not certain what I might have carried out without the entire creative concepts shown by you over such a topic. This was a frightful case for me, however , seeing the specialized style you handled it forced me to cry over fulfillment. I will be happy for this work and believe you realize what a powerful job you’re doing educating the others via a web site. Most probably you’ve never encountered any of us.

  16. Thanks so much for providing individuals with remarkably superb chance to read critical reviews from this blog. It’s always very cool and as well , jam-packed with amusement for me and my office fellow workers to visit your blog at least 3 times weekly to see the newest stuff you will have. And indeed, we’re usually pleased with your beautiful strategies served by you. Selected 1 facts in this article are absolutely the most beneficial I have ever had.

  17. I needed to draft you the tiny remark so as to thank you once again for those striking concepts you’ve discussed at this time. It was quite wonderfully generous with you to present extensively exactly what numerous people would’ve supplied for an e-book in order to make some cash for themselves, even more so considering that you could have done it if you considered necessary. Those solutions likewise served like a easy way to know that other individuals have a similar fervor really like my personal own to realize more and more with respect to this problem. I am certain there are thousands of more fun situations ahead for individuals that looked over your blog post.

  18. I enjoy you because of your entire hard work on this web page. My aunt really likes participating in internet research and it is simple to grasp why. Many of us learn all of the lively ways you offer functional things on your web blog and as well as inspire response from visitors on this area of interest plus our girl is truly learning a whole lot. Have fun with the remaining portion of the new year. Your performing a wonderful job.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *