Tips BUKBER Di Luar Saat Pandemi

Buka puasa bersama (BUKBER) merupakan sebuah tradisi yang dilakukan orang-orang saat bulan Ramadhan. Berkumpul bersama keluarga besar, sahabat dekat, teman-teman kantor, teman-teman organisasi / arisan. Baik dengan orang-orang yang sering bertemu atau memang dengan teman/kerabat yang jarang bertemu sebagai ajang reunian. Dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi dan mengakrabkan hubungan.

 

BUKBER tentunya menjadi daya tarik sendiri bagi setiap orang. Bagaimana tidak setelah seharian menjalankan puasa mereka dapat bertemu dengan orang-orang terdekat mereka. Melepas buka puasa dengan hidangan spesial. Sembari bercengkrama, tukar pikiran, menambah wawasan, dan mengambil pembelajaran dari masing-masing mereka. Itulah mengapa BUKBER menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

 

Tahun 2020 lalu saat awal Pandemi pemerintah melarang keras untuk mengadakan BUKBER  bertujuan agar tidak meluasnya penyebaran Covid19.

Namun pada tahun 2021 ini pemerintah sudah mulai melonggarkan perarturan untuk BUKBER. 

Hal ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama nomor 4 tahun 2021 tentang perubahan atas SE nomor 3 tahun 2021 tentang Panduan Ibadah pada Ramadhan dan Idul Fitri 1422H. Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag), Fuad Nasar mengatakan, BUKBER tetap bisa silaksanakan di daerah yang berada dalam kategori zona aman, yakni zona hijau dan zona kuning. “Harus mematuhi jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan serta menghindari kerumunan,” ujar Fuad saat memberikan paparan secara virtual pada rapat koordinasi penanganan Covid-19 nasional yang ditayangkan youtube Pusdalops BNPB pada Minggu (11/4/2021) malam.

 

Dari adanya kelonggaran dalam dibolehkannya mengadakan BUKBER bukan berarti kita dapat dengan bebas menjalankannya tanpa memperhatikan hal lainnya. Nah berikut ini ada tips dari TIKA :

“Tips Bukber di Luar Saat Pandemi” : 

 

1. T : Tentukan tempat :

Menentukan tempat saat BUKBER penting dilakukan terlebih saat pandemi ini. Pertemuannya apakah diadakan di rumah atau di luar seperti cafe, restauran, atau mall.

Dalam hal ini tentunya harus memperhatikan apakah tempat yang akan didatangi sebelumnya ramai pengunjung? Dan apakah tempat tersebut memiliki SOP selama pandemi ini?

 

2. I : Ingat selalu dan patuhi PROKES :

Hal yang perlu selalu diingat adalah ini masih masa pandemi. Di mana virus corona masih bebas berkeliaran di bumi pertiwi ini. Meskipun sebagian kita sudah melakukan vaksinasi namun harus tetap menjaga diri dan mematuhi protokol kesehatan 3M (prokes) Mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak.

 

3. K : Kenali kondisi diri : 

Sebelum bertemu dengan kerabat untuk BUKBER ada baiknya mengenali kondiai diri. Dalam artian apakah kita sehat saat itu atau mungkin dalam keadaan kurang fit. Karena jika dalam kondisi tidak sehat tentunya hal ini lebih memicu penularan dan membuat susana tidak nyaman terhadap orang lain yang ada di sana, sehingga tidak usah dipaksakan untuk hadir.

 

4. A : Amati lingkungan sekitar :

Selain mengenali kondisi diri sendiri, mengamati lingkungan sekitar juga penting dilakukan. Bertujuan untuk penjagaan diri kita dan yang lainnya. Seperti halnya apakah ada tanda-tanda atau gejala covid pada orang-orang yang datang, dan apakah terlalu ramai di sana sehingga melebihi kapasitas yang ditentukan.

 

 

2 thoughts on “Tips BUKBER Di Luar Saat Pandemi

  1. I wish to express thanks to the writer just for rescuing me from this setting. Just after researching through the world wide web and finding suggestions which are not beneficial, I was thinking my entire life was over. Living minus the strategies to the issues you’ve sorted out by means of your good blog post is a serious case, and the kind that could have in a negative way affected my entire career if I hadn’t come across your site. Your know-how and kindness in maneuvering all things was tremendous. I’m not sure what I would have done if I hadn’t come upon such a solution like this. I am able to at this point look forward to my future. Thanks a lot very much for your expert and effective help. I will not be reluctant to recommend your web site to any individual who desires support on this subject matter.

  2. The following time I read a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I know it was my choice to read, but I really thought youd have one thing fascinating to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you may repair if you happen to werent too busy in search of attention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *