Makna Hari Kartini Bagi Wanita Terkini

Lahirnya Hari Kartini merupakan sebuah hasil pemikiran dan perjuangan Kartini di jaman dahulu yang memberikan makna kuat bagi wanita terkini dalam hal emansipasi wanita. Dimana wanita berhak Mendapatkan kesetaraan pendidikan, memiliki kesempatan untuk berkarya, dan dengan demikian dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan. 

 

Adanya emansipasi wanita bukan berarti pria dijajah oleh wanita dalam kehidupan berumah tangga. Namun tetap suami adalah pemimpin yang dari keridhoannya maka kehidupan berjalan mulus. Dan disinilah peran serta kesadaran suami dituntut untuk tidak semena-mena dan mengungkung keinginan istrinya untuk turut mengambil peran di luar karena ia juga punya cita-cita, dan passion untuk mengaktualisasikan diri. 

Dengan catatan tetap berada dijalur yang benar dan memahami peran serta kewajibannya sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya.

 

Terlepas dari apapun peran yang dimiliki oleh seorang wanita saat ini mereka adalah perempuan yang hebat dan multitasking. Darinya lahir generasi tangguh kebanggaan keluarga, dan tidak ada kata cuti atau pensiun dalam hidupnya karena ia akan terus mengurus dan merawat keluarganya hingga akhir hayatnya sendiri.

Maka sudah selayaknyalah kaum adam memberikan penghormatan terhadap setiap perempuan di muka bumi ini. Terlebih apresiasi terhadap ibu, istri dan anak perempuannya. Karena tanpa mereka everything is nothing.

 

Tepat di hari Kartini ini teruntuk kita wanita Indonesia sudahkah kita selama ini ada dan berada di dalam keluarga, masyarakat, dan bangsa ini? Tidak hanya mengurung diri di rumah tanpa mengaktualisasikan diri dengan segenap kelebihan kita untuk orang lain. Atau bahkan lebih banyak berkeliaran di luar sehingga lupa mendidik anaknya sendiri.

Bukankah sebaik-baik orang adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Nah akankah lebih baiknya kita sebagai wanita bisa selalu ada dan berada serta bermanfaat untuk keluarga dan juga berguna bagi masyarakat dan bangsa ini dengan kelebihan yang kita miliki sebagai agent of change.

Untuk itu marilah kita maknai hari Kartini ini agar menjadi wanita yang bermanfaat.

“Makna Hari Kartini Bagi Wanita Terkini”

 

1. T : Terampil 

Terampil berarti terlatih, cekatan, banyak akal dan berbakat. Apapun profesi seorang wanita saat ini baik sebagai ibu rumah tangga dan wanita karir ia harus terampil agar tidak keteter pekerjaannya dan tidak ketinggalan waktu dan tergerus oleh jaman.

 

2. I : Inspirator

Menjadi wanita yang mampu menginspirasi orang lain lewat tindakan, atau pun perkataan kita sehingga orang tersebut menemukan pencerahan dari kita.

 

3. K : Kreatif

Kreatif adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Bisa dari masakan, tulisan, kerajinan tangan, dll. Dari ide kreatif kita bisa menghasilkan sebuah nilai dan harga sehingga bisa membantu perekonomian keluarga.

 

4. A : Antusias 

Antusias adalah memiliki semangat, atau sikap perhatian yang berlebih terhadap sesuatu. Nah tentunya kita sebagai perempuan harus memiliki sikap antusias terhadap kemajuan karir suami, perkembangan anak. Karena support system terutama didapatkan dari keluarga sendiri.

 

So bersyukurlah karena kita terlahir sebagai perempuan hebat yang mampu menjunjung tinggi nilai kebenaran, menyebarkan kebaikan dan memiliki prinsip. Bermanfaat untuk keluarga, masyarakat dan bangsa ini.

 

Kartini itu hadir pada jiwa seorang wanita yang tangguh dan ikhlas dalam melakoni perannya. Serta mampu berkarya untuk negeri ini” (otakaTIKAta)

 

 

One thought on “Makna Hari Kartini Bagi Wanita Terkini

  1. There are definitely loads of particulars like that to take into consideration. That may be a great level to deliver up. I provide the ideas above as normal inspiration however clearly there are questions like the one you carry up the place an important thing shall be working in sincere good faith. I don?t know if best practices have emerged around issues like that, however I’m certain that your job is clearly recognized as a fair game. Each boys and girls really feel the affect of only a moment抯 pleasure, for the rest of their lives.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *