Tips Mengelola THR Dengan Bijak

Tunjangan hari raya atau THR adalah bonus dari hasil pekerjaan. Dan bagi kebanyakan orang merupakan uang yang harus dihabiskan dalam sekejap untuk foya-foya. Dengan alasan karena cuma satu kali dalam setahun jadi tidak ada salahnya uang THR dihabiskan.

 

Memang benar bahwa THR merupakan sebuah bonus yang hanya didapat satu kali dalam setahun. Namun tak ada salahnya jika bonus yang didapat bisa lebih dimanfaatkan dalam penggunaanya agar tidak sia-sia dan jadi lebih berbekas ketimbang tak ada sisa sama sekali.

 

Berikut tim hartika.id berikan tipsnya agar dapat menghabiskannya dengan tepat :

 

“Tips Mengelola THR Dengan Bijak”

 

1. T : Tabung

Saat mendapatkan THR segera sisihkan untuk ditabung sebelum habis digunakan untuk kebutuhan lainnya. Jika tidak disisihkan terlebih dahulu pastinya taka ada bersisa sama sekali. Terlebih THR didapatkannya dengan cuma-cuma jadi lebih merasa mudah dan tidak ada rasa bersalah saat menghabiskannya.

 

2. I : Ingat bayar hutang

Kapan, dimana, dan sama siapapun yang namanya kita berhutang harus segera dilunaskan. Terlebih jika kita meminjamnya dengan bank, rentenir, atau pinjaman online maka lebih cepat lunas lebih baik daripada ditunda-tunda, bunga membengkak dan kita tidak mampu membayarnya. Sehingga merugikan diri sendiri.

So saat dapat THR sisihkan untuk membayar hutang.

 

3. K : Kontrol pengeluaran

Saat lebaran tentunya pengeluaran bisa jadi meningkat. Untuk membeli perlengkapan menyambut hari kemenangan yang pastinya setiap orang tidak ingin hal yang biasa saja. Mulai dari membeli pakaian baru, mempersiapkan aneka makanan sebagai hidangan istimewa di hari kemenangan, berbagi hampers untuk karib kerabat, dan berbagi THR untuk anak-anak yang sudah menjadi tradisi setiap datangnya lebaran.

Tidak semua harus dilakukan dengan serba wah, terlebih jika pendapatanmu kecil. Jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Jadi tak ada salahnya jika kamu mulai mengontrol pengeluaran dari hal yang penting, mendesak, dan tidak harus.

Seperti halnya membeli pakaian : saat lebaran tiba pakai saja pakaian terbaikmu yang ada dilemari. Dan beli saja buat anak.

Untuk hidangan lebaran : masak sendiri dengan lezat makanan kesukaan keluarga, dan buat kue-kue karena jika beli jadi lebih mahal. Namun jika tidak sempat, beli saja secukupnya.

Berbagi THR untuk anak-anak beri sesuai kemampuanmu yang penting adalah syarat.

Berbagi hampers jika ada budget berlebih tak ada salahnya untuk berbagi. Namun jika tidak ada jangan dipaksakan.

 

4. A : Abaikan godaan

Tentunya saat gajian tiba dan mendekati lebaran banyak diskon besar-besaran. Disinilah kamu perlu bersikap cuek, dan mengabaikannya. Dengan cara hindari bepergian ke mall, mini market, atau melirik market place  karena dapat dipastikan kamu akan tergoda.

 

Tips diatas dapat dilakukan dan ditekankan harus dilakukan jika pendapatanmu minim. Jangan sampai berprinsip berhutang demi mencukupi dan mengada-adakan yang tidak ada. Karena “Segala sesuatu itu bisa cukup dengan yang ada jika kita seadanya saja” (otakaTIKAta). Sehingga jangan sampai lebaran usai hutangmu ikut melebar.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *