Gajian Ingat “TIKA” Solusi Tepat Mengatur Keuangan

“Tanggal muda” adalah waktu yang menyenangkan. Dapat membuat setiap orang yang menerima upah dari keringatnya menjadi lebih bersemangat alias saat gajian tiba rasa syukur senantiasa terpancar dari binar matanya. Namun harus selalu diingat jangan pernah merasa kaya setiap gajian tiba, gaji itu semu dan sementara karena banyak kebutuhan yang harus dibayar setelahnya.

Pernahkah kamu mengalami saat menerima gaji dan beberapa saat itu juga gaji segera ditransfer buat bayar cicilan / hutang yang menumpuk, sehingga dalam hitungan hari kamu kembali mencari pinjaman ke sana ke mari untuk menopang kehidupan satu bulan berikutnya yang harus dipenuhi. Dan akhirnya menambah hutang lagi (gali lobang tutup lobang) dan begitu selanjutnya dari bulan ke bulan yang kamu jalani.

Adanya hutang bukan berarti karena gaji yang pas-pasan sehingga membuat semua tak tercukupi jadi membuat kamu berhutang. Gaji itu cukup jika untuk memenuhi kebutuhan, namun tidak akan pernah cukup jika untuk memenuhi gaya hidup. Jadi perlu digaris bawahi bahwa besar kecilnya gaji berpengaruh terhadap cara mengelola yang tepat sehingga kamu bisa terhindar dari kondisi defisit keuangan.

Berikut solusi tepat mengelola keuangan saat gajian TIKA” :

1. T : Tentukan dan Tabung : Tentukan budget per bulan secara detail mulai dari uang transport, makan, keperluan rumah dll. (Tidak termasuk uang hang out, liburan dll) dan Tabung. Menabung rutin tiap bulan bukan sisa dari gajimu, karena yang namanya sisa tidak akan ada harapannya dan tidak konsisten jumlahnya. Jadi kamu harus menyisihkannya agar kamu punya tabungan. Untuk besarnya tergantung dari komitmen kamu dan persenan dari gajimu, misalnya 10% jadi setiap bulan kamu harus segera menyisihkannya untuk di tabung.

2. I : Ingat Hutang : Hutang harus dibayar berapapun kecilnya, apalagi besar kudu wajib dilunasi. Karena jika tidak siang-malam kamu akan dihantui perasaan bersalah karena belum membayar hutang. Catat berapa jumlah hutangmu dan segeralah bayar saat gajian.

3. K : Kompromi : Dalam hidup kita harus senantiasa berkompromi / bekerjasama antara keinginan dan kenyataan agar apa yang kita harapkan sejalan dengan kehidupan. Sebagai contoh : kamu ingin bulan ini untuk membeli suatu barang yang sudah lama kamu idamkan / kamu ingin berlibur. Namun dikarenakan kebutuhan bulanan yang banyak membuat budget bulanan kamu tidak tercukupi untuk memenuhi keinginan tersebut. Jadi yang harus kamu lakukan adalah berkompromi antara keinginan dan kenyataan, dalam artian kamu harus menunda keinginan tersebut dengan cara menabung sedikit demi sedikit agar bisa terpenuhi di bulan berikutnya. Yang harus selalu kamu ingat jangan pernah memaksakan keinginan jika jauh dari kenyataan.

4. A : Abaikan godaan : Godaan dalam kondisi keuangan adalah “keinginan di luar kenyataan” seperti : shopping, hang out, liburan, dll. Yang memaksa kamu untuk harus melakukannya dan pemicunya adalah teman. Hal ini akan sulit dihadapi  jika kamu dekat dan sehari-hari bersama dengan pemicu tersebut, jadi yang harus kamu lakukan adalah memilih teman yang tepat agar kamu terhindar dari hedonisme.

Gajian ingat TIKA, segera lakukan tips di atas namun bukan berarti kita tidak boleh menyenangkan diri dengan cara shopping / liburan, hal itu memang perlu dilakukan untuk menambah semangat kita menghadapi hari. Lakukanlah sesuai dengan budgetmu, tidak harus mahal bukan? So bersyukurlah seberapa besar gajimu saat ini dan telitilah dalam mengaturnya agar keseimbangan hidup setiap bulan dapat kamu lewati.

 

2 thoughts on “Gajian Ingat “TIKA” Solusi Tepat Mengatur Keuangan

  1. Thank you so much for giving everyone an exceptionally terrific opportunity to read articles and blog posts from this web site. It really is so sweet and also full of amusement for me and my office fellow workers to search your blog a minimum of three times every week to read through the new guidance you will have. And indeed, I’m also actually pleased for the unique information served by you. Some 2 areas on this page are clearly the best we have all ever had.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *