Tips Makan Lamak (Lemak) Agar Tetap Lamak (Enak)


“Lamak” sebuah kata yang berasal dari bahasa Padang yang memiliki dua arti.

Pertama “lamak” yang berarti enak / lezat.

dan kedua “lamak”yang berarti lemak atau dalam KBBI lemak disebut zat minyak yang melekat pada daging.

dan lebih detailnya lemak adalah senyawa kimia tidak larut air yang disusun oleh unsur Karbon (C), Hidrogen (H), dan Oksigen (O). Pengertian lemak bersifat hidrofobik (tidak larut dalam air), untuk melarutkan lemak dibutuhkan pelarut khusus seperti eter, klorofom dan benzen. (sumber: https://www.liputan6.com/health/read/3906902/pengertian-lemak-dan-kenali-jenis-jenisnya-agar-tidak-salah-konsumsi)

 

 

Lamak (lezat) dan lamak (lemak) merupakan satu kata, dua makna dan yang pasti jika bertemu lemak dalam sebuah hidangan makan menjadi nagih euy alias lamak bana (lezat banget..😍) begitu bukan? / bukan begitu? / bener banget?? / pastinya tambuah ciek! tak heran membuat sebagian orang lupa diri dengan kesehatan saking tidak tahannya. namun masih ada juga yang masih ragu-ragu alias pengen banget makan itu..tapi??🤔 nah daripada bingung berikut tim hartika.id berikan tipsnya :

 

 

Tips Makan Lamak (Lemak) Agar Tetap Lamak (Enak) :

1. T : Tau apa yang dimakan : Hal yang paling sering membuat seseorang khilaf adalah lupa diri saat dihadapkan dengan makanan, terlebih pada makanan kesukaannya. Tadinya berniat diet malah justru diurungkan, “diet bye..bye😎” “satu kali aja..please!!😶” nah dalam hal ini kita perlu tau apa yang kita makan dalam artian terkait kandungan yang terdapat pada makanan tersebut apakah baik terhadap kesehatan atau tidak.

 

 

2. I : Ingat kesehatan : Mengingat kesehatan diri sendiri penting karna kita sendirilah yang tau kondisi tubuh kita. Apakah memiliki riwayat buruk terhadap penerimaan makanan berlemak atau tidak. seperti halnya setelah makan daging kolesterol menjadi naik,  atau penyakit lainnya berdatangan. Nah.. jika memang seperti itu rasanya maka kudu harus dikurangi alias jangan berlebihan. karna kalau bukan diri kamu sendiri yang menahan siapa lagi??.

 

 

3. K : Kondisikan Indra: Kondisikan Indra di sini lebih kepada : Penglihatan (hindari mata kontak langsung dengan makanan tersebut karna saat melihatnya pasti membuat tergugah selera), pendengaran (jauh-jauh dari kata : “wah..ini enak loh, cobain deh😃”, penciuman (makanan lezat pasti aromanya enak, maka siap-siap saja tergoda😙) dan pengecap (sekali lidah bergoyang maka tak mau berhenti😍. maka jangan coba-coba😋).

 

 

4. A : Awasi piring : Awasi piring hidangan tersebut dari jangkauan kita. karna jika dekat jaraknya maka akan nambah terus. sehingga semakin banyak kandungan lemak yang dimakan.

 

 

 

Mudah bukan?? so tunggu apalagi. Mau makan lamak (enak) tak perlu takut lamak (lemak) 🙂 yang paling penting tidak tambuah ciek!!😄

 

 

 

One thought on “Tips Makan Lamak (Lemak) Agar Tetap Lamak (Enak)

  1. I’m commenting to let you be aware of what a exceptional encounter our child gained studying yuor web blog. She realized plenty of issues, which included how it is like to possess a very effective coaching heart to make most people with ease know precisely selected tortuous subject areas. You actually exceeded our expectations. Thanks for imparting such warm and helpful, trusted, educational as well as fun thoughts on that topic to Janet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *