4 Cara Agar Menjadi Ortu yang ADA, BERADA, dan BERADAB

Anak adalah anugerah Tuhan yang terindah untuk sepasang suami dan istri. Tak semua orang bisa memilikinya. Bagi mereka yang tengah berjuang untuk mendapatkan buah hati yang tak kunjung hadir dalam kehidupannya melakukan sebuah pengupayaan luarbiasa sehingga dibutuhkan kesabaran dan kebesaran hati.

 

Maka beruntunglah bagi kamu yang telah dititipkan Tuhan momongan. Maka akankah kamu sia-siakan begitu saja? Mulai dari pola asuh hingga membentuk pola pikir anak saat masih balita? dengan cara mengabaikan keberadaanmu dan menyerahkan begitu saja pada pasanganmu atau orang lain. Sehingga kamu dikenal oleh anakmu hanya sebatas bibir alias panggilan “mama, papa” hingga tak sampai ke hati.

Miris sekali bukan? Oleh sebab itu sudah semestinya kamu dan pasanganmu wajib dan kudu menjadi orangtua yang “ADA, BERADA, dan BERADAB” untuk anak-anakmu.

 

Menjadi orangtua yang ADA dalam artian suami dan istri selalu ada untuk anaknya. Mengurus anak bukan hanya kewajiban istri saja yang lantas suami hanya bertugas mencari uang dan tidak ikut campur dan tak mau tau mengenai anak. Anak adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Kamu dan pasanganmu harus ADA. Ikut terlibat dalam kerepotan bersama dan mengetahui hal sepele, tetek bengek, hingga hal yang besar mengenai anak. Seperti bagaimana cara mengurus anak, kebutuhan anak, dan peningkatan tumbuh kembang anak. Jangan sampai kamu hanya sebagai penonton atau komentator sekaligus eksekutor yang jika terjadi sesuatu yang tak diharapkan pada anak kamu lebih dulu menyalahkan pasanganmu.

 

“Uang bukanlah segala-galanya, namun segala sesuatu butuh uang” Hidup itu terkadang kejam berpihak pada yang berada alias berduit. Mau ini atau itu tinggal beli dan dilayani serta dipandang dengan hormat. Berbeda dengan mereka yang tak berada semua serba susah, harus menghitung-hitung dan mengurangi kebutuhan, menahan keinginan dan dipersulit dalam segala sesuatunya. Sungguh sangat menyedihkan dan tidak menyenangkan bukan? Saat kamu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anakmu  (makanan, fasilitas penunjang, pendidikan, dll) namun kamu tak mampu karna keterbatasan uang, jadilah semua serba terbatas di atas  batas yang tak tuntas-tuntas. So mulai saat ini berjuang dan bekerja keraslah agar kamu dan pasanganmu dapat menjadi orang tua yang BERADA untuk hidup yang layak bagi anak-anakmu.

 

Anak yang baru lahir diibaratkan seperti kertas kosong. Lingkungan keluarga dan luarlah yang kan membentuknya. Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya, namun bukan berarti ayah tidak ikut serta dalam hal membentuk kepribadian anak. Tingkah dan laku orang tua sangat berperan penting. Bagaimana cara kamu dan pasanganmu beradaptasi, berucap, bertindak dan bertingkah pada satu sama lain menjadi contoh bagi anak-anakmu dan akan membentuk pada kepribadiannya. Baik atau buruknya tingkah dan laku anakmu saat ini adalah sebelumnya proses dari didikan kamu dan pasanganmu. So jika kamu menginginkan anak dengan perilaku baik maka kamu dan pasanganmu harus BERADAB terlebih dahulu agar dapat jadi teladan bagi mereka. 

 

Agar kamu dan pasanganmu dapat menjadi orang tua yang ADA, BERADA, dan BERADAB untuk anak-anakmu maka kamu harua melakukan 4 hal di bawah ini:

1. T : Tanamkan pada dirimu setiap hari (self hypnosis) : ” Saya harus menjadi baik, dan melakukan perbaikan diri setiap hari. Demi memberikan yang terbaik untuk anak saya”. Katakan dalam hati dan lakukan pengulangan agar apa yang kamu katakan dapat menjadikan kamu seperti yang kamu inginkan.

 

2. I : Introspeksi diri. Hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat mengamati sudah sejauh apa proses perbaikan yang kamu lakukan untuk memenuhi keinginanmu dalam memberikan yang terbaik bagi anakmu, sehingga dapat dilakukan evaluasi nantinya.

 

3. K : Komitmen & Konsisten. Atas apa yang telah kamu katakan dalam hati maupun tunjukkan dalam tindakan maka berkomitmenlah untuk melakukannya bersama pasanganmu dan tetap konsisten meskipun hasil kebaikan yang kamu inginkan belum kamu peroleh dalam keluargamu.

 

4. A : Ambil tindakan. Tunggu apalagi segera ambil tindakan. Kalau bukan sekarang kapan lagi? Kalau bukan kamu dan pasanganmu yang melakukan perbaikan diri siapa lagi?

 

*Tulisan ini pengingat bagi mama dan papa agar dapat menjadi ortu yang ADA, BERADA dan BERADAB teruntuk buah hatiku Shaqia my litle girl😊

 

 

 

6 thoughts on “4 Cara Agar Menjadi Ortu yang ADA, BERADA, dan BERADAB

  1. I precisely wished to thank you so much all over again. I do not know what I would’ve followed without the entire creative ideas discussed by you about that problem. Completely was an absolute frightful concern in my position, however , being able to view the very well-written manner you processed that made me to leap for happiness. I will be grateful for your guidance and as well , hope that you know what a great job your are doing training the rest thru a web site. Most likely you’ve never encountered all of us.

  2. I happen to be writing to make you be aware of what a nice experience my child encountered visiting your site. She discovered some issues, which include what it is like to possess an amazing helping nature to have other individuals quite simply grasp some extremely tough things. You actually surpassed people’s desires. I appreciate you for imparting the effective, healthy, edifying and in addition fun guidance on that topic to Mary.

  3. Wow, blog yang luar biasa! 🌟 Saya sangat terkesan dengan kontennya yang menarik dan mencerahkan. Setiap artikel memberikan wawasan baru dan inspiratif. 🚀 Saya sungguh-sungguh menikmati membaca setiap kata. Semangat terus! 👏 Sudah tidak sabar untuk membaca konten mendatang. 📚 Terima kasih atas kontribusinya dalam berbagi pengetahuan yang berguna dan mendorong semangat. 💡🌈 Keep up the great work! linetogel 🙌

  4. Absolutely fantastic, you’ve done an incredible job this time! Your dedication and effort are evident in every detail of this content. I couldn’t resist expressing my gratitude for creating such outstanding content with us. Your talent and dedication are truly exceptional. Keep up the outstanding work! 🌟👏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *