Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Berlebihan Saat Puasa

Puasa menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Termasuk makan dan minum ditahan selama 12-13 jam.

Lalu timbul pernyataan : “Saya puasa hitung-hitung diet!”

Pertanyaannya adalah :”bisakah langsing seperti yang diharapkan?

Jawabannya adalah : “bisa iya, bisa tidak! Dalam artian bisa..jadi lebih naik berat badannya!”

Nah lo..🤭 yes karena biasanya saat berbuka adalah ajang balas dendam. Dengan alasan bahwa sedari subuh sampai menjelang maghrib tidak makan dan minum, jadi tidak masalah dong makan sepuasnya?! Hingga akhirnya membuat seseorang kalap saat berbuka puasa.

Jadilah banyaknya masuk beragam makanan. Mulai dari makanan yang mengandung karbohidrat hingga makanan atau minuman yang tinggi kadar gula dan garamnya yang biasanya dipilih pertama kali.

Seperti mengkonsumsi minuman es yang manis (kurang lebih 2-3 gelas), kolak, gorengan, dan ditambah lagi makanan berat dengan beragam jenis dalam 1 piring. Porsi makan saat berbuka jadi lebih banyak dibandingkan dengan porsi hari biasanya.

 

Disamping itu kurangnya aktivitas fisik. Dikarenakan saat puasa badan terasa mudah  lemas. Jadinya hanya kebanyakan berdiam diri. Hal itu jugalah yang dapat memicu berat badan bertambah. dibandingkan hari biasa yang lebih banyak melakukan aktivitas.

Perlu kita ketahui bahwa salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah mengistirahatk-an saluran pencernaan (usus) beserta enzim dan hormon yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan terus menerus selama kurang lebih 18 jam. Maka dengan berpuasa saluran pencernaan dapat beristirahat selama 14 jam (dikutip dari National Health Service)

Nah..sangat disayangkan bukan?! Jika tujuan utamanya adalah menjalankan ibadah dan juga agar jadi lebih sehat justru malah menjadi penyakit. Karena berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman saat berbuka dan saat sahur.

 

Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yuk simak tips dari TIKA berikut ini :

“Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Berlebihan Saat Berpuasa”:

 

1. T : Tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan : 

Penting diingat bahwa saat sahur dan berbuka agar tidak terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan. Namun tetap menjaga asupan nutrisi yang sehat dan seimbang.

Saat sahur pilihlah makanan yang mampu menyediakan energi untuk beraktifitas sepanjang hari. Seperti karbohidrat komplek yang kaya akan serat, buahbuahan dan sayursayuran sebagai sumber vitamin dan mineral yang kaya serat dan air.

Dan saat berbuka puasa untuk mengembalikan cairan yang hilang dapat mengonsumsi menu yang banyak mengandung air, seperti buah, sayuran, sup, jus buah yang tidak ditambah gula.

Dengan memperhatikan kandungan makanan saat sahur dan berbuka diharapkan tubuh dapat menjadi sehat, dan kenyang karena gizi yang tercukupi. Sehingga porsi makan pun juga pas.

 

2. I : Imbangi dengan olahraga ringan :

Alasan terkuat untuk tidak olahraga saat Ramadan adalah berpuasa. Dikarenakan badan terasa lemas sehingga menguatkan diri untuk tidak banyak melakukan aktivitas fisik.

Namun tidak ada salahnya saat berpuasa melakukan olahraga ringan dengan tetap memperhatikan jenis, waktu dan juga intensitasnya. Salah satunya adalah jogging disekitar rumah, bisa dilakukan menjelang buka puasa atau malam hari dan perlu diingat juga tetap memperhatikan kondisi tubuh agar tidak menjadi masalah nantinya.

 

3. K : Kendalikan diri : 

Penting untuk mengendalikan diri saat sedang puasa. Terutama sekali masalah makanan, mengendalikan dirinya adalah mengingat selalu bahwa setiap tindakan yang kita lakukan ada efeknya. Terlebih jika sesuatu dilakukan secara berlebihan tentu berefek buruk.

Jadi saat makan ambil dalam porsi sedang, fokus pada makanan saat mengunyah dan kunyahlah perlahan agar lebih terasa kenyang. Dan ingat selalu kata-kata :”Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.”

 

4. A : Atur pola makan :

Mengatur pola makan saat berpuasa sangat penting dilakukan agar tidak terjadi kegemukan karena terlalu berlebihan dalam porsi makan dan bisa jadi malah kekurangan asupan gizi.

Agar lebih sehat maka dapat dilakukan dengan cara : Mengurangi asupan kalori dari sekarang karena akan membuat tubuh terbiasa makan lebih banyak, dengan menukar makanan tinggi lemak menjadi makanan protein tinggi. Dan kedua adalah penuhi asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi, dan mengurangi mengonsumsi cemilan ringan disamping asupan gizinya yang tidak memenuhi ditambah pula jadinya keinginan untuk ngemil meningkat.

 

8 thoughts on “Tips Agar Berat Badan Tidak Naik Berlebihan Saat Puasa

  1. I simply had to appreciate you once more. I do not know what I would’ve achieved without the secrets revealed by you over such industry. This was a hard issue in my circumstances, however , noticing the specialized way you treated the issue took me to weep over happiness. Now i am grateful for the work and thus hope that you really know what a powerful job you’re putting in instructing the others through your websites. Probably you have never met any of us.

  2. I must express my thanks to you just for bailing me out of this trouble. Right after surfing through the the web and obtaining recommendations which are not productive, I thought my life was over. Living without the answers to the difficulties you’ve resolved all through the blog post is a critical case, and the kind which may have in a negative way damaged my entire career if I hadn’t discovered your site. Your expertise and kindness in maneuvering every item was helpful. I’m not sure what I would’ve done if I hadn’t come across such a solution like this. I am able to at this point look ahead to my future. Thanks very much for this specialized and results-oriented guide. I will not be reluctant to endorse your blog to any person who will need care about this subject.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *