Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga

Libur adalah hal yang paling menyenangkan bagi setiap orang dikarenakan terbebas dari rutinitas dan tuntutan yang terkadang membuat jemu.  Terlebih bagi anak-anak  moment hari libur selalu dinanti, setelah menerima raport di sekolah wajah sumringah pun dari mereka mulai bersemi, dan tak kalah heboh jika ayah dan bunda mengajaknya berlibur bersama tentunya hal ini merupakan moment yang tak kan terlupakan bagi anak-anak.

 

 

Memilih berlibur bersama keluarga adalah pilihan yang tepat dikarenakan dapat berefek positif bagi anak, serta ayah dan bunda. Seperti halnya menurut psikiater Margot Sunderland menilai berlibur bersama anak-anak dapat memberikan dampak positif kepada perkembangan otaknya. Lingkungan yang beragam menawarkan pengalaman baru dalam interaksi sosial, fisik, kognitif, dan sensorik anak.(sumber : https://lifestyle.bisnis.com/read/20170228/236/632429/liburan-keluarga-cerdaskan-anak)

Dan tentunya bagi ayah dan bunda efek berlibur bersama dapat meningkatkan kualitas keharmonisan keluarga, mendekatkan hati yang mungkin sempat renggang dikarenakan jenuh dengan aktifitas masing-masing. Dengan demikian berlibur bersama orang tercinta dapat mengembalikan semangat untuk saling mencintai dan mengasihi sehingga perasaan cinta selalu baru setiap saat, dan rasa jenuh tak akan hinggap di hati masing-masing.

 

 

Hal yang tak dapat dipungkiri saat berlibur tentunya  membutuhkan pengeluaran yang lebih. Sehingga tak jarang sebagian orang tua memilih menghabiskan masa liburan anaknya hanya di rumah saja alias tidak ke mana-mana, dan anak-anak pun berteriak “ RuGI..oh RuGi “Rumah laGi  oh Rumah laGI”.  Namun perlu ayah dan bunda ketahui bahwa yang namanya budget berlibur tidak selalu besar loh..jadi tak ada salahnya sesekali memutuskan berlibur bersama keluarga, dan tentunya terlebih dahulu memutuskan pilihan berlibur ke mana, dengan apa, berapa lama, dan bagaimana biaya tetek bengek lainnya agar pengeluaran tidak membengkak diakhir.

 

Berikut tim hartika.id rangkum untuk ayah dan bunda Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga  ala TIKA  :

 

  1. T : Tentukan Budget, cocokkan dengan tempat dan sesuaikan dengan keinginan bersama : Langkah pertama yang terpenting adalah menentukan budget berapa besar uang yang akan dihabiskan mulai dari tetek bengek dan lain-lain. penting dilakukan karena akan sangat berpengaruh terhadap hati ayah dan bunda pasca liburan nanti jangan sampai karna tidak menentukan budget diawal membuat pengeluaran membengkak dan akhirnya terbelit dengan hutang, sehingga liburan bukan malah membuat happy tapi justru menjadikan beban. Setelah budget ditentukan cocokkan dengan tempat dalam artian jika budget kecil maka ayah dan bunda dapat memilih berlibur cukup di tempat wisata yang tak jauh dari rumah tanpa harus ke luar kota atau luar negeri. Sehingga tidak perlu memikirkan biaya penginapan, besarnya konsumsi berhari-hari, dan juga transportasi. Dan pastinya pemilihan tempat harus disesuaikan dengan keinginan bersama agar semua keluarga dapat menikmatinya saat liburan berlangsung.

 

  1. I : Inisiatif membawa perbekalan dari rumah: Menyiapkan perbekalan dari rumah dilakukan agar dapat menghemat biaya dikarenakan biasanya di tempat wisata harga-harga akan menjadi naik 2x lipat. Perbekalan yang dapat dibawa seperti makanan, snack kecil, minuman, tikar jika hendak tamasya, dll. Bawa seperlunya dan tidak merepotkan di tempat wisata nantinya.

 

  1. K: Komunikasikan DO & DON’T dalam berlibur sebelum pergi: Pentingnya mengkomunikasikan do & don’t (yang boleh dilakukan & tidak boleh dilakukan) sebelum pergi ke tempat wisata pada anggota keluarga bertujuan agar tidak salah langkah dalam bertindak di sana (jika tempat tersebut terkenal angker), dan tidak salah ucap dalam bertutur (ketahui adab dan kebiasaan masyarakat sekitar tempat wisata). Dan yang paling penting memberitahu kepada anggota keluarga mengenai besarnya budget yang dibawa sehingga dapat mengingatkan do & don’t dalam hal beli ini dan itu untuk menghabiskan uang ditempat berlibur nanti.

 

  1. A : Antisipasi keadaan yang tidak diinginkan: Mengantisipasi keadaan yang tidak diinginkan seperti sakit dan kendaraan mogok dijalan. Hal ini dapat dilakukan dalam hal pengechekan di awal mengenai kendaraan yang akan dibawa dan menyiapkan ban cadangannya, mempersiapkan obat-obatan yang diperlukan seperti obat mual, diare, dll. Dan Membawa pakaian ganti.

 

“Luangkan waktu berlibur bersama keluarga sebelum satu per satu sibuk dengan aktifitasnya masing-masing” (otakaTikata) 

 

 

 

6 thoughts on “Tips Berlibur Hemat Bersama Keluarga

  1. I simply wanted to thank you so much all over again. I do not know what I would have undertaken without the ideas revealed by you relating to such topic. It was before a real horrifying problem in my view, however , finding out a new specialised mode you handled the issue forced me to weep for contentment. Extremely happy for the help and then pray you find out what a powerful job you happen to be putting in teaching many others with the aid of your web blog. Most probably you’ve never come across any of us.

  2. Thank you so much for giving everyone an extremely breathtaking possiblity to read critical reviews from here. It is usually very excellent and full of a lot of fun for me personally and my office mates to visit your blog particularly three times per week to learn the latest tips you have got. And of course, I am just always happy with your outstanding points you give. Certain 3 points on this page are rather the most beneficial we have all had.

  3. Thanks a lot for giving everyone such a nice opportunity to check tips from this website. It is often so pleasurable and also full of a good time for me and my office colleagues to visit your web site on the least 3 times a week to see the latest issues you have. And indeed, I am also usually happy considering the breathtaking principles served by you. Certain 2 points in this post are truly the simplest we have all had.

  4. I have to point out my affection for your kindness for men who actually need guidance on the content. Your special dedication to passing the solution all around was quite practical and has constantly helped professionals much like me to attain their pursuits. Your entire informative report can mean a lot a person like me and somewhat more to my office workers. Thank you; from all of us.

  5. My wife and i ended up being really excited Peter could finish up his investigations from your ideas he was given through your weblog. It is now and again perplexing to simply be giving away tips that many people could have been trying to sell. And now we discover we have the website owner to appreciate because of that. All of the explanations you made, the simple blog navigation, the relationships you will help to instill – it is many incredible, and it’s letting our son and the family feel that this idea is satisfying, which is seriously important. Many thanks for the whole thing!

  6. After examine a few of the weblog posts on your website now, and I actually like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my site as well and let me know what you think.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *