Tips Makan Ditempat Wisata Agar Tidak Terjebak Harga Mahal

Liburan adalah satu kesatuan dari jalan-jalan dan jajan. Liburan tanpa jajan / makan rasanya ibarat sayur tanpa garam. Bagaimana tidak?bayangkan coba setelah menghabiskan waktu menikmati suguhan pemandangan dari tempat wisata yang dituju tentunya badan terasa capek dan perut keroncongan. Pilihan tepatnya ya segera mencari makan untuk memenuhi kekesongan perut yang tengah memberontak.

 

Bagi mereka yang memiliki cukup uang tentunya sudah mengincar tempat makan yang recomended di tempat wisata tersebut dengan pilihan menu yang spesial.
Lantas bagaimana dengan mereka yang uangnya pas-pasan?

Seminim apapun uang yang dibawa saat memutuskan untuk berlibur ke luar kota minimal ada sedikit uang yang disisihkan untuk jajan di tempat wisata tersebut. Dan mau tak mau harus lirik harga dan hitung-hitungan sebelum ke kasir agar tidak nyuci piring setelah makan karen tak cukup uang buat membayar makanannya.😅

 

Berbicara masalah harga makanan di tempat wisata tentunya bervariasi. Dari harga murah, sedang, hingga mahal. Tergantung lokasi, tempat, dan jenis makanan. Dan biasanya orang-orang akan mencari “harga kaki lima, rasa bintang lima.” Karena tidak munafik siapa sih yang tidak mau disuguhkan dengan hidangan sulthan namun harga merakyat🥳

Nah bagaimana kalau ternyata sebaliknya “Makan di kaki lima, harga bintang lima” Sengaja makan ditempat yang biasa saja agar tidak mahal, eh malah ujung-ujungnya ketipu dengan harga.🤐

 

Seperti halnya video viral di sejumlah media sosial Twitter dan Tik Tok. seorang wisatawan wanita yang makan pecel lele kaki lima di Yogyakarta tanpa menyebut detail lokasinya. Dia mengaku harus membayar Rp.20 ribu untuk pecel lele, Rp.7 ribu untuk nasi. Dan secara terpisah saat meminta lalapan harus membayar lagi Rp.10 ribu. Jadi total yang harus ia bayar untuk seporsi pecel lele lengkap dengan lalapan adalah Rp.37 Ribu makan di kaki lima, harga bintang lima. Tentunya wanita tersebut kaget dan merasa kecewa. Bagaimana tidak karena normalnya untuk seporsi pecel lele dan lengkap dengan lalapan hanya Rp.18 Ribu terlebih dikawasan Malioboro Yogyakarta berdasarkan pengakuan Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM)

 

Terjebak harga mahal saat makan ditempat yang jarang kita kunjungi seperti tempat wisata, rest area, dan Mall tentunya menjadi duri dalam daging apabila harga tidak sesuai dengan tempat dan rasa. Bagaimana tidak biasanya kita akan menerima dengan senang hati apabila harga mahal dan sebanding dengan tempat yang nyaman serta hidangan yang disajikan cocok dengan lidah kita. Dan pastinya setiap orang maunya ketempat makan yang bagus bukan? Namun balik lagi karena budget tentunya ia memilih tempat yang standar dan tidak merogoh banyak uang.

 

Niat hati mau liburan menghilangi stres karena rutinitas, eh malah jadi stres ditempat liburan 😅 Nah daripada menyesal kemudian saat berwisata terjebak harga mahal saat makan, kan sayang? yuk simak tips dari TIKA berikut ini :

 

“Tips Makan Ditempat Wisata Agar Tidak Terjebak Harga Mahal”

 

1. T : Tentukan 5W

Saat memutuskan mau wisata dimana ada baiknya juga jangan lupa memilih tempat makan. Hal ini bertujuan agar tidak terburu-buru. Karena saking asyiknya menikmati pemandangan yg ada sehingga lupa makan. Sebelum lapar dan memutuskan untuk makan ada baiknya terlebih dahulu menentukan 5W berikut ini:

  • where : di mana mau makan?
  • what : apa yg mau dimakan?
  • why: mengapa memilih tempat tersebut?
  • who: siapa saja yg mau makan di sana?
  • when : kapan mau ke sana?

 

2. I : Ingat budget

Setelah memenuhi 5W di atas, maka yang tidak kalah pentingnya adalah berapa budget yg dimiliki saat makan? Jika budget hanya pas-pasan maka cari tempat makan yang standar saja karena biasanya tempat mempengaruhi harga.

 

3. K : Ketahui harga sebelum memesan menu

Seperti halnya video viral seorang wisatawan wanita yang makan pecel lele di Malioboro. Tempat kaki lima namun harga bintang lima. Nah ada baiknya dan pastikan terlebih dahulu berapa harga per porsi lengkap dengan menu yang ada di sana. Jika tidak ada harga yang tertera maka sebaiknya tanyakan. Jangan malu bertanya, karena takut dikira perhitungan. Jika malu bertanya saat makan, maka pikiran akan jalan-jalan. “Segini dengan tempat dan rasa seperti ini berapa per porsinya ya??” 🤯

 

4. A : Awas khilaf saat makan

Khilaf alias lupa diri saat makan biasanya terjadi saat harga per item yang ada murah dari biasanya, dan ditambah lagi terasa enak saat makan jadi nambah-nambah deh alias tambuah ciek😍 nah saat ini pula perlu diingat jangan mentang-mentang sudah tau harga dan saking lahapnya eh ternyata lupa berapa banyak yang diambil terlebih jika disuguhkan hidangan prasmanan jadi ambil sesuka hati. Dan ternyata hasil akhirnya di luar budget😅

 

So penting untuk diingat seberapa besar budget yang dimiliki saat makan ditempat wisata tak ada salahnya untuk menanyakan harganya. Jika bisa harga kaki lima, rasa bintang lima dan ditambah tempat benaran di bintang lima kenapa ga kan?! Jadi liburan benaran merasa puas, tidak ada penyesalan saat berlibur sehingga kembali ke rutinitas sehari-hari menjadi tambah semangat. 🥰

 

3 thoughts on “Tips Makan Ditempat Wisata Agar Tidak Terjebak Harga Mahal

  1. Thanks for your whole efforts on this web page. Gloria takes pleasure in getting into research and it is simple to grasp why. All of us notice all relating to the dynamic mode you present reliable tricks by means of your website and therefore improve contribution from the others on the concept and my child is always studying so much. Take advantage of the remaining portion of the year. Your carrying out a really good job.

  2. My wife and i were so relieved Albert could round up his homework with the ideas he came across out of the web pages. It is now and again perplexing to just be freely giving tactics which men and women have been trying to sell. And we all realize we’ve got you to be grateful to for this. The explanations you have made, the straightforward site menu, the friendships you will help instill – it’s all sensational, and it’s really letting our son in addition to our family imagine that this subject matter is awesome, and that is unbelievably fundamental. Thanks for the whole lot!

  3. Needed to post you this very little observation just to thank you over again for the pleasant advice you have documented at this time. It was shockingly open-handed with you in giving publicly exactly what a number of people might have distributed for an ebook to help make some dough for themselves, specifically now that you might well have done it if you wanted. Those thoughts also acted to become a fantastic way to be aware that other people have a similar eagerness just like mine to figure out lots more when considering this condition. I’m certain there are lots of more fun opportunities ahead for individuals who take a look at your blog post.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *