Tips Agar Tidak Menyesal Dalam Memilih

Pengalaman kemarin tepatnya di tanggal cantik 8.8. Saya, suami dan anak kami hendak melakukan olah raga bersama (bonding time) seperti weekend sebelumnya di sebuah sport center lokasi perumahan mewah di Tangsel.

 

Sebelum memutuskan berangkat saya memberitahukan kepada suami agar nanti mampir dulu setelah jogging ke toko sembako yang tidak jauh dari tempat tersebut. Untuk membeli beras merah buat suami yang kebetulan saat ini sedang mengatur pola makan sehat agar senantiasa diberikan kesehatan. Dikarenakan warung atau toko sembako dekat rumah tidak ada yang menjual beras merah. Lalu melajulah bersama.

 

Disepanjang jalan kami melihat beberapa toko sembako. Namun hanya ada dua toko yg menjual beras merah.

Toko pertama yang kami lihat dituliskan bahwa harga beras merah Rp. 13.000. Dan suami pun memberitahu..

πŸ‘¨ : Nanti belinya disana aja.
πŸ‘©: (mengiyakan sembari melihat toko sembako sepanjang jalan lainnya.)

Lalu tak berapa jauh dari toko tersebut ada lagi toko sembako yang menjual beras merah dan bertuliskan Rp. 11.000. Saya pun segera mengatakan ke suami..

πŸ‘©: di situ aja belinya, lumayan kan beda Rp. 2000.
πŸ‘¨: siapa tau kualitasnya berbeda. Yang 13ribu aja.
Namun saya pun menegaskan
πŸ‘©: sama saja sepertinya, kita coba beli aja dulu yg 11k siapa tau bagus.

 

Akhirnya setelah selesai olah raga bersama kami pun memutuskan untuk ke toko sembako yg 11k.
Di sana saya melihat harga telur Rp. 23.500 beda Rp.500 dari warung langganan dekat rumah. Dan saya pun memberitahu suami bahwa sekalian beli telur dengan alasan biar ga bolak balik ke warung lagi. Padahal hanya karena beda Rp.500πŸ˜‚ (dalam hati lumayan irit Rp.500 buat tambah jajan anak)

Jadilah belanja di toko sembako yang saya namai seketika “toko sembako murah” beras merah 5kg dan telur 1kg. Ada rasa sedikit bangga karena mendapatkan beras merah dan telur dengan harga miring.

 

Kami pun bergegas pulang. Namun tak berapa lama kemudian menuju perjalanan pulang, ternyata saya pun melihat ada toko khusus telur dan menuliskan harga telur Rp.22.500.

πŸ‘©: (sedikit menyesal dan berkata) disini ternyata lebih murah telurnya. Tau gitu beli disini aja tadi 😀
πŸ‘¨: Hmmm.. (πŸ€πŸ˜…)

 

Dari pengalaman saya tersebut tentunya teman-teman juga pernah atau sering merasakan hal serupa. Entah itu dalam hal memilih barang, tempat atau bisa jadi saat dulu memilih pasangan hidup.

 

Misalnya menolak lamaran si A dikarenakan tidak suka dengan gaya hidupnya / kasta yang berbeda. Akhirnya memutuskan menikah dengan si B yang terlihat baik. Namun ternyata justru saat sudah menikah apa yang dikira baik jauh dari harapan. Dan sebaliknya si A justru lebih baik. Maka timbul lah penyesalan “kenapa saya tidak pilih si A dulu ya!!”

 

Terhadap apapun yang saat ini sudah kita miliki. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang ada. Dan tentunya saat berhadapan dengan “masalah” berkaitan dengan ketidaknyamanan atau tidak sesuai harapan maka yang terlihat selama ini adalah kekurangan sehingga menutupi kelebihan yang ada. Satu hal yang harus diingat “Menyesal belakangan tiada guna”

 

Nah..dari cerita beras merah dan telur tadi. Hingga apapun yang berkaitan dalam hidup dan kehidupan ini soal pilih, memilih dan banding-membandingkan Saya menyimpulkan berikut ini :

“Tips Agar Tidak Menyesal Dalam Memilih”

 

1. T: Terlalu banyak pilih merugi :

“Urang yang pamiliah dapek nan buruak” kembali mengingatkan akan petitih yang sering dilontarkan nenek saya saat masa kecil dulu. Artinya orang yang terlalu banyak pilih dapat yang jelek. Dari sini saya menyimpulkan bahwa kata “jelek” bukan berati saat kita terlalu memilih mesti dapat yang jelek. Karena menurut saya segala sesuatu itu pasti ada plus dan minusnya. Jadi bisa diartikan bahwa saat kita menyesal dengan pilihan yang telah kita pilih dalam banyaknya pilihan. Maka penyesalan itulah yang menjadikan kata jelek bekerja. Karena menyesal belakangan tiada guna.

 

2. I: Ingat alasan memilih :

Setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri dalam memilih. Dibalik minus yang terlihat oleh orang lain, ada plusnya dimata kita. Nah saat adanya penyesalan dalam pilihan maka ingatlah selalu apa alasan terkuat kita dulu memilih hal tersebut hingga saat kita menyesal bisa kembali mengingatkan kita.

 

3.K: Komitmen dengan pilihan :

Saat sudah memilih maka komitmenlah dengan pilihan tersebut dan yakinkan bahwa “pilihanku adalah yang terbaik. Terlepas apapun yang terjadi nantinya.” Karena ketika kita tidak memiliki komitmen dalam pilihan maka akan mudah menyesal.

 

4.A: Abaikan godaan :

“Rumput tetangga akan terlihat lebih hijau” sudah barang tentu karena kita tidak pernah tau perawatan, dan kendala yang ada pada rumput tetangga tersebut.

Nah sama halnya dengan penyesalan dalam pilihan kita dan akan lebih menyesal jika dibandingkan dengan yang dimiliki orang lain. Maka sebaik apapun terlihat olehmu yang bukan milikmu. Tetap itu bukan milikmu. Maka cukup abaikan saja. Dan kapan perlu rawat rumputmu seperti rumput tetanggamu agar lebih hijau. Jika hasilnya nihil..maka ada yang salah dengan dirimu sendiri dan bisa jadi itu sudah takdirmu.

Tapi yang perlu diingat adalah ” Sesuatu yang baik bagimu, belum tentu itu baik. Dan sesuatu yang buruk bagimu belum tentu buruk” maka syukuri selalu pilihanmu yang ada saat ini.

4 thoughts on “Tips Agar Tidak Menyesal Dalam Memilih

  1. I have to voice my respect for your generosity giving support to men and women who absolutely need help on this content. Your very own commitment to passing the message around was exceedingly useful and have constantly made employees much like me to realize their goals. Your entire warm and helpful hints and tips signifies a whole lot a person like me and especially to my colleagues. With thanks; from each one of us.

  2. Thank you a lot for giving everyone such a brilliant chance to check tips from this web site. It can be very pleasant and stuffed with a great time for me and my office fellow workers to search your blog more than 3 times in 7 days to study the newest tips you have. And definitely, I’m also usually astounded considering the amazing hints you serve. Selected 3 areas in this article are really the simplest we have ever had.

  3. I just wanted to thank you guys for the series. I go to the site 3-4 times a week to see what’s new out there or perhaps even I’ve always wanted to buy from here, but wasn’t quite sure. After reading all the feedback from customers I decided to join. particularly the I want to tell you that all the productsd are true. manner in which I emailed them and they got back to me right away and my Packages arrived a day early. What more could you want? Great site, great service!!!
    cheap louis vuitton bags https://www.louisvuittonsoutlet.com/

  4. I discovered your weblog web site on google and examine a few of your early posts. Proceed to keep up the excellent operate. I simply extra up your RSS feed to my MSN Information Reader. Looking for ahead to studying more from you later on!?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *