Tips Mengatasi Hectic Morning Bagi Para Emak

Suasana pagi hari yang repot, ngepot (terburu-buru) ribet, ramai, dan berisik. Atau disebut juga dengan istilah Hectic morning.

Saya rasa sebagian emak-emak merasakan hal ini. Selagi dia masih bernafas, dan melakukan aktifitas. Terlepas dia sebagai working mom, full time mom (IRT), single parent, or memilik partner.ย Hectic morning mewarnai pagi hari para emak.

Hectic morning akan datang diwaktu yang tepat, ketika segala sesuatu berbarengan harus dipersiapkan, dilakukan sendirian untuk keperluan banyak orang, atau dirapel dalam pengerjaannya.

 

Lantas harus kah setiap pagi para emak merasakan ketegangan dalam setiap detik menuju menit agar semua bisa dipersiapkan dengan baik??.

Selagi bumi berputar pada porosnya, selama nyawa di kandung badan. Segala sesuatunya akan tetap ada. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi emak-emak akan selalu direpotkan dengan urusan rumah tangganya.

Namun segala sesuatunya bisa diatasi ketika para emak punya taktik. Sehingga pagi hari tidak merasakan hectic morning. Berikut tim hartika.id berikan tips nya :

 

“Tips Mengatasi Hectic Morning Bagi Para Emak”

 

1. T : Terampil (cekatan)

Terjadinya hectic morning salah satunya adalah efek lelet. Maka dari itu sudah semestinya setiap emak mengikrarkan dalam dirinya untuk terampil, cekatan, atau gercep mengurus segala sesuatu dalam rumah tangganya.

Ketahuilah bahwa sejatinya emak-emak itu diciptakan memiliki kemampuan multitasking (Kemampuan untuk melakukan satu pekerjaan pada satu waktu)

Nah ketika kamu merasa jiwa multitasking mu hilang, dapat dipastikan kamu terbiasa menjalani hari-hari tanpa target, santai, tidak ada yang terlalu patut diperjuangkan/dicapai.

Dan saat sudah memiliki keluarga sendiri, punya suami, punya anak, dan tanpa ART dapat dipastikan semua akan keteter. Ditambah lagi suami tidak mandiri, segala sesuatunya dari A-Z disiapkan oleh istri, repotkan?!.

Para emak kudu wajib terampil. Terlepas dia sebagai working mom, or full time mom, or punya ART, or punya suami yang super duper pengertian dalam hal bebenah dan jaga anak. Karena segala sesuatunya bisa saja berubah, dan mengharuskan 100% kita yang harus terjun langsung dan handle semuanya. Repot kan kalau tidak terampil?? so latih untuk terampil sedari sekarang agar hectic morning tidak membuatmu stress.

 

2. I : Ingat untuk selalu well prepared (dipersiapkan dengan baik)

Dalam mengurus segala keperluan rumah tangga para emak harus melakukan planing terlebih dahulu.

Sebagai contoh : Pikirkan dan buat daftar kegiatan esok hari apa yang harus disiapkan dan dilakukan. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bertujuan agar saat pagi menjelang emak langsung on, dan segera bertindak sesuai list yang ada.

Namun sebaliknya ketika semua tidak direncanakan kemungkinan terjadi hectic morning sangat besar sekali.

Ingat bahwa “Gagal merencanakan berarti merencanakan kegagalan.” Masing-masing kita diberi waktu dalam satu hari hanya 24 jam, dan berjalan sangat cepat. Alangkah meruginya kita ketika setiap hari tidak melakukan perencanaan dengan baik.

 

3. K : Komunikasikan dengan pasangan

Pekerjaan dalam rumah tangga itu banyak, bejibun, seabrek, atau sebut saja seperti rombongan besanan datang berbarengan. Dikerjakan satu belum tentu langsung kelar. Maka yang kedua, ketiga, keempat,dst. Sudah pasti Waiting list.๐Ÿ˜…

Apalagi tidak dikerjakan sama sekali maka semua akan berontak dan jadi berantakan maka menambah tingkat kestresan emak-emak #Curcol๐Ÿ˜‚ Ujung-ujungnya emosian dan anak jadi sasaran. Padahal kesal sama suami karena tidak ada perhatian, dan tidak ada perpanjang tanganannya untuk urusan rumah sama sekali.

Kebanyakan para bapak tidak peka, dan menganggap pekerjaan rumah adalah 100% tugas istri, terlebih jika istri jadi ibu rumah tangga. Jadilah si istri capek sendiri. ๐Ÿค Itulah mengapa perempuan lebih cepat terlihat tua dibandingkan laki-laki. Dan bahkan mirisnya lagi ada juga sebagian perempuan jadi tulang punggung, dan suami hanya bisa membuat anak saja.ย ๐Ÿ™

Dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga para emak jangan capek sendiri. Karena fatal akibatnya.ย  Emak adalah jantungnya se isi rumah, ketika emak tidak happy dan merasa capek sendiri maka kebahagiaan di dalan rumah tidak akan terpncar. So komunikasikan dengan pasangan untuk berbagi tugas. Terlebih jika sudah punya anak. Banyak hal yang harus dikerjakan, diatur, dan dibereskan. Jadi membuat anak berdua, maka mengurus anak juga harus berdua. Jangan hanya segala sesuatu yang ada di rumah dilimpahkan ke istri 100%.

 

4. A : Anti mengeluh

Say no to keluhan terlebih di pagi hari. Kata-kata adalah sebuah magnet pada tubuh kita.

Pagi hari adalah awal permulaan (garis start) ketika permulaan hari diisi dengan sebuah keluhan maka akan berefek sampai malam harinya. Menjadikan sepanjang hari kurang bersemangat, hilangnya senyuman, dan bisa jadi plan yang ada jadi berantakan.

So say no to keluhan. Tapi perbanyaklah bersyukur atas nikmat sehat dipagi hari, bisa menghirup udara segar dengan gratis, dan dapat berkumpul dengan keluarga yang kita cintai. Karena itu adalah nikmat terbesar yang belum tentu semua orang rasakan di pagi hari.lantas “Nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *