Tips Mengatasi Stres Pada Emak-emak

💻 Definisi Stres: 

Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental / psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. (dikutip dari : P2PTM Kemenkes)

Dalam kehidupan sehari- hari tak jarang kita melihat orang-orang  yang mengalami stres. Bahkan kita sendiri para emak-emak pun sering mengalaminya. Entah karena masalah ekonomi, keluarga, pekerjaan, atau lingkungan sosial. Hal itu dikarenakan adanya perubahan dalam sebuah tatanan hidup dan membuat kita tidak sanggup untuk menghadapi perubahan tersebut maka jadilah stres.

 

🤒Penyebab Utama Emak-emak Stres:

Stres pada emak-emak biasanya disebabkan oleh kaum bapak. Lah kok bisa?! Bisa aja dong.. coba pikirkan dan renungkan : Para emak dituntut harus serba siap dan serba bisa dalam satu hari. Tanpa alasan apapun. Saat sakit, lelah atau sedang tidak bergairah ia harus siap melakoni diri sebagai istri dan sekaligus sebagai ibu dari anak-anaknya dengan tanggung jawab penuh yang ada. Lebih sering melayani daripada dilayani. Dari terbit fajar hingga malam menjelma menjadi subuh kembali. Seperti halnya pasukan di medan perang yang harus siap tempur.

 

Ditambah lagi Kaum bapak tidak pernah terlibat sama sekali mengurus dan mendidik anak. Bagi bapak mengasuh dan mendidik anak adalah tanggung jawab ibu. Jadi ia hanya berkewajiban mencari nafkah saja. Bahkan lebih mirisnya lagi kebutuhan pokok pun tidak tercukupi oleh suami dan mengasuh anak juga tidak mau. Kalau begini ceritanya bagaimana tidak tambah stres kaum emak?!

 

Disamping itu saat telah menikah dan memiliki anak berkurangnya kasih sayang, perhatian dan kesetiaan suami pada istri. Berkurangnya kasih sayang dan perhatian bisa dikarenakan telah tercurahkan pada anak sehingga bapak beranggapan sudah tua jadi tidak perlu bermanja-manja dan berkasih sayang seperti muda dulu “malu sama anak” padahal memberikan kasih sayang dan perhatian kepada pasangan itu adalah saat awal menikah hingga maut memisahkan wajib dilakukan dan diucapkan setiap hari.

 

Dan pada intinya stres para emak dikarenakan gara-gara kaum bapak. Jika bapak selalu ada saat dibutuhkan, sering mendengarkan keluh kesah istri, dan menghadirkan jiwa dan raganya untuk keluarganya. Maka serumit apapun hidup, seberat apapun beban yang dipikul, dan selebay apapun gosipan para tetangga pada emak tidak jadi masalah.

 

🥂Stres Itu Ada Yang Baik Pula ?! : 

Perlu diketahui juga bahwa stres adalah bagian alami dan penting dari kehidupan. Dalam artian stres tidak hanya identik dengan emosi negatif saja yang berakibat buruk pada kesehatan. Namun ada pula stres yang memiliki manfaat baik.

Seperti halnya stres baik yang dapat membuat banyak orang lebih mudah untuk menciptakan tujuan dan menikmati proses mencapainya dengan penuh energi.

Dan eustres merupakan stres yang sangat berguna karena dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi siap untuk menghadapi banyak tantangan. Dan dapat membantu memberi kekuatan dan menentukan keputusan.

 

Tetapi apabila sering terjadi tekanan hidup dan ketidaknyamanan, dan dirasa sangat berat dan tidak segera dicarikan solusinya maka dapat merusak kesehatan kita yang terjadi pada kondisi jiwa, fisik, dan emosional. Jadi harus diwaspadai.

 

Berikut tim hartika.id rangkum dalam kata TIKA :

📝”Tips Mengatasi Stres Pada Emak-emak” 

 

1. T : Tau penyebab stres : 

Pastikan kita mengetahui apa yang menyebabkan kita stres sehingga kita bisa menghindarinya.

Seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari para emak biasanya stres dengan pekerjaan rumah yang tidak berkesudahan, anak tidak mau diatur, uang belanja dapur yang minim sehingga tidak mencukupi, ditambah lagi suami terlalu cuek dengan semua permasalahan yang ada.

Saat telah mengetahui penyebab stres maka dapat diminimalisir dengan cara berbicara dengan orang terdekat yang dapat kita percaya. Dan sekaligus mampu menjadi pendengar yang baik untuk kita. Hal ini bertujuan agar kita dapat pencerahan atau solusi dalam permasalahan tersebut. Atau minimal beban yang mengganjal di dalam hati sedikit berkurang dengan kita menceritakannya.

 

2. I : Ingat ada solusi setiap permasalahan : 

Yakinlah bahwa setiap permasalahan pasti ada solusinya. Jadi jangan berpikir bahwa “masalah saya berat” sehingga kita merasa sendiri dan tidak ada yang mampu membantu.

Dalam hal ini kita perlu meminta bantuan. Karena kita tidak harus menghadapi segala sesuatu sendiri. Seperti halnya permasalahan dalam rumah tangga maka suami wajib bertanggungjawab selalu ada dan menyelesaikannya bersama.

Namun jangan sampai terlupakan saat mengalami masalah dan mencari solusi selalu ingat Tuhan. Karena sebaik-baik penolong adalah sang Maha pemberi solusi yaitu Tuhan yang Maha Esa. Maka mintalah pada-Nya dalam do’a mu agar dipermudah disetiap permasalahan yang ada.

 

3. K : Kendalikan diri dengan baik :

Saat kita mampu mengendalikan diri dengan baik maka seberat apapun masalah kita dapat diatasi. Karena kita senantiasa tenang dan sabar saat menghadapinya.

Untuk bisa mengendalikan diri dengan baik maka dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

Tidur cukup :

Tidur cukup dengan waktu 7-8 jam dapat membantu kita untuk dapat beristirahat dengan baik dan membuat tubuh dan pikiran segar kembali saat bangun. Namun jangan lupa ketika memulai tidur selesaikan masalah yang masih mengganjal, dan maafkan orang-orang yang menyakitimu. Agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

 

Olah raga dengan teratur :

Melakukan olah raga dengan teratur dapat membebaskan tubuh kita dari hormon stres dan secara bersamaan dapat meningkatkan kadar endorfin. Sehingga membuat rasa bahagia dalam diri.

Di samping itu rutinkan untuk dapat melakukan tarik nafas yang panjang dan dalam. Langkah ini dapat menurunkan tingkat kecemasan. Sehingga mampu mengurangi stres yang ada.

 

Pola makan sehat dan berpikir positif

Menjaga pola makan yang sehat itu perlu agar sehat selalu dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena rerata penyakit itu bersumber dari makanan dan pola pikir kita. Maka jika kita menjaga makanan dan senantiasa berpikir positif hal ini dapat membantu kita menemukan solusi dari setiap permasalahan yang ada.

 

Memiliki hobi

Pentingnya memiliki hobi atau sesuatu yang kita senangi salah satunya dapat menghilangkan stres karena dapat mengalihkan pikitan yang penuh tekanankepada hal yang menyenangkan.

Hal ini juga dinyatakan oleh Matthew Zawadzki, seorang asisten profesor psikologibdi University of California dalam sebuah penelitiannya yang menemukan bahwa seseorang yang melakukan hobinya memiliki detak jantung dan tingkat stres yang lebih rendah. Nah itulah mengapa pentingnya memiliki hobi agar menjaga mental kita tetap sehat.

 

4. A : Abaikan di luar kapasitas diri sendiri : 

Kita tidak akan bisa menyenangkan semua orang, mengerjakan semuanya sendiri dalam satu waktu dan dalam tempo sesingkat-singkatnya, memenuhi setiap janji yang ada dalam bersamaan. Karena keterbatasan tenaga, waktu dan tempat.

Maka tidak perlu merasa khawatir atas hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan atau bahkan tidak mungkin akan terjadi, merasa takut, tidak enakan, atau bingung harus bagaimana agar semuanya terpenuhi sehingga ujung-ujungnya membuat kita stres. Jadi cukup abaikan yang di luar kapasitas diri kita dan tetap fokus dengan apa yang ada berdasarkan kemampuan kita.

 

Pada intinya untuk menerapkan tips mengatasi stres pada emak-emak adalah dibutuhkannya kerja sama dengan suami untuk mengurus rumah dan tangga, serta diperlukannya keberadaan jiwa dan raga suami saat bersama keluarga.

Dengan demikian saat emak happy sebagai tiang keluarga maka se isi rumah pun akan ikut happy.

 

 

One thought on “Tips Mengatasi Stres Pada Emak-emak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *